Pengertian Tentang Fisika,Kimia,dan Biologi


Fisika 
Fisika berasal dari Bahasa Yunani yaitu Fysikos yang artinya alamiah. Ilmu Fisika mempelajari mengenai gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu.

 Jika dilihat secara seksama , Fisika terlihat seperti ilmu yang kurang penting, karena terlalu memperkirakan sesuatu yang jika di lihat lihat tidak perlu dipermasalahkan. Perlu kita ketahui , Fisika ini amat berperan dalam kehidupan kita. Andai saja tidak ada fisika, benda benda mati yang bisa membantu pekerjaan manusia tidak akan tercipta.
Para ahli fisika pun mempelajari sifat dan perilaku benda yang sangat beragam , mulai dari partikel yang membentuk suatu kesatuan benda , hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan benda langit.
Jika kita mempelajari fisika , kita juga akan mempelajari sifat seluruh benda yang ada disekitar kita. Sifat-sifat benda tersebut biasa dirumuskan dalam suatu hukum , seperti contoh hukum kekekalan , hukum Archimedes, Hukum Newton , Hukum Pascal,Hukum Kirchoff dan sebagainya. Hukum-hukum ini juga biasa disebut Hukum fisika
Fisika sangat erat hubungannya dengan matematika. Banyak Teori fisika yang dinyatakan dalam notasi matematis , dan biasanya, matematika dalam Fisika lebih sulit dibanding matematika pada umumnya . Beda antara keduanya adalah fisika berkaitan dengan dunia material , sedangkan matematika lebih mengarah kearah pola-pola abstrak
Ahli-ahli fisika yang terkenal , antara lain Galileo Galilei(ahli astronomi) , Isacc Newton(teori gravitasi),Michael Faraday , James Joule(Listrik), Archimedes(disebut sebagai Bapak IPA Eksperimental).
SELENGKAPNYA TENTANG FISIKA
KLIK DISINI

Kimia
Kimia berasal dari Bahasa Yunani , yaitu Khemia yang artinya perubahan benda atau zat. Maka itu , dapat disimpulkan bahwa kimia adalah ilmu pengetahuan alam yang mempelajari mengenai komposisi, struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau transformasi serta interaksi antar zat yang menyebabkan pembentukan materi yang kita temukan sehari-hari.

Pelajaran IPA
Pelajaran IPA
Konsep dasar kimia antara lain Tata nama senyawa ,ion , atom , unsur , senyawa, molekul , zat kimia, ikatan kimia, wujud zat atau fase zat , reaksi kimia, kimia kuantum dan hukum kimia. 
SELENGKAPNYA TENTANG KIMIA 
KLIK DISINI

Biologi
Biologi berasal dari Bahasa Yunani yaitu bios yang berarti hidup dan logos yang berarti ilmu. Dari kata ini, Biologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang kehidupan. Objek biologi mencakup makhluk hidup dan aspek kehidupannya
Berbagai Cabang biologi mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti contohnya:
a.Zoologi atau ilmu yang mempelajari tentang kehewanan atau binatang binatang
b.Botani atau ilmu yang mempelajari tentang tumbuh tumbuhan
c.Mikrobiologi atau ilmu yang mempelajari tentang jasad renik atau mikroorganisme

Tidak hanya organismenya , tetapi biologi juga mempelajari sistem kehidupan makhluk hidup atau aspek kehidupan makhluk hidup, seperti contoh:
a.Anatomi atau ilmu yang mempelajari tentang sistem organ tubuh makhluk hidup (Contoh : sistem ekskresi , respirasi)
b.Morfologi atau ilmu yang mempelajari tentang bentuk-bentuk makhluk hidup (Contoh : ikan punya sirip)
c.Fisiologis atau ilmu yang mempelajari tentang fungsi dari makhluk hidup tersebut (Contoh , cacing menyuburkan tanah)

Biologi juga mempelajari tentang revolusi makhluk hidup. Seperti contohnya, ketika metamorfosis kupu-kupu terjadi. Perubahan dari telur ke pupa,lalu pupa ke ulat hingga ulat menjadi kupu-kupu merupakan salah satu terjadinya revolusi makhluk hidup. Hewan dan manusia pun mengalami fase itu. Revolusi makhluk hidup bisa disebut pertumbuhan makhluk hidup atau berkembang biaknya makhluk hidup.
Biologi ini merupakan materi yang penting , tidak hanya bagi orang orang yang mempelajari pelajaran IPA saja , murid IPS juga setidaknya , perlu mengerti konsep dasar biologi.Untuk yang bercita cita menjadi dokter , biologi amat di rekomendasikan untuk dipelajari dan dikuasai
Ilmuwan-ilmuwan biologi yang terkenal , antara lain Alexander Fleming(penemu penisilin) , Arisoteles(Filsuf dan Ilmuwan Biologi), Charles Darwin (Penemu teori revolusi makhluk hidup),Louis Pasteur(Penemu teori Pasteurisasi), Leonardo Davinci(Seniman) , dan Thomas Raffles (Penemu bunga raksasa , Rafflesia arnoldi)
SELENGKAPNYA TENTANG BIOLOGI

3 komentar

Terimakasih infonya, sangat membantu dan bermanfaat:)

Reply

Thanks info👌

Reply

Post a Comment